Mengenal Kura-Kura

Mengenal Kura-Kura

Mengenal Kura-kura Kita pasti sudah tahu ciri-ciri hewan yang satu ini, Mempunyai Tempurung yang keras (Ada pun juga yang Lembek seperti Labi-Labi) dan Jalanya yang lambat menjadi ciri khas untuk hewan yang satu ini, Kura-kura ada banyak jenisnya mulai dari; kura-kura Darat (dalam bahasa Inggrisnya : Tortoise), dan ada juga Kura-kura Air (dalam bahasa Inggrisnya : Turtle).
Kerapas/Tempurung Tubuh bagian Atas Kura-Kura (dalam bahasa Inggrisnya: Carapace) dengan berbagai macam bentuk kerapas, mulai dari yang Pipih seperti Kura Pancake sampai yang bentuknya tinggi bulet atau bisa disebut juga dengan High Dome, dan Kerapas juga banyak motifnya seperti motif kerapas yang ada pada Kura-kura Indian Star.

Plastron adalah bagian tubuh kura-kura paling bawah/perut yang sensitif dengan sentuhan-sentuhan. Dan bagian tubuh inilah yang rata-rata nya bisa di jadikan faktor perbedaan Jenis Kelamin.


Scutes adalah barisan-barisan pada Tempurung Kura-kura yang simetris, akan tetapi banyak juga kura-kura yang terlahir dengan Over Scutes/Kelebihan Scutes sehingga pada tempurungnya pun akan terlihat tidak simetris, banyak juga Tempurung Kura-kura yang terlahir dengan Over Scutes tapi barisanya sangat simetris dan sangat terlihat Unik di mata kita.

Jenis kelamin Pada Kura-kurarata-rata nya bisa di lihat setelah kura-kura tersebut sudah menginjak pada umur kematanganya/dewasa, dan perbedaan Jantan dan betinanya pun tidak Jauh berbeda, Misalnya Jenis Kelamin Kura-Kura Jantan akan Terlihat Pada permukaan Plastron yang cekung kedalam, berbeda dengan betina yang permukaan plastronya mendatar, kenapa Bisa Seperti Itu ? Logikanya, Permukaan Plastron yang Cekung pada Jantan berguna untuk menaiki/membuahi si betina sehingga Tubuh si jantan Tidak bergeseran ketika menaiki tempurung si betina tersebut, dan plastron yang mendatar pada betina berguna untuk Penampungan Telur atau bisa disebut juga Rahim Buat si telurnya. Akan tetapi hitungan ini tidak dapat menjadi satu tolak ukur untuk membedakan mana yang jantan dan mana yang betina, banyak sekali ciri-ciri Jenis Kelamin Pada Kura-kura yang lainya.
Kura-kura Tidak mempunyai Daun Telinga, Sehingga Hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur dan menguburnya, akan tetapi tidak jarang di kehidupan liar sana banyak kura-kura yang bertelur dan sarangnya di tinggalkan induknya dan akhirnya dimakan oleh binatang-binatang buas lainya, dalam hal menghasilkan telur, kura-kura bisa sampai mengahasilkan 30 butir bahkan lebih, tergantung Jenis dan ukuran si kura-kura tersebut.

Apkah Kura-kura mempunyai gigi ? Tidak, kura-kura tidak mempunyai gigi, kura-kura mengunyah, mencabik, dan memotong makanannya dengan Paruhnya, paruh yang super kuat digunakan mereka untuk makan, dan sekali lagi mereka tidak mempunyai gigi apalagi Taring. Akan tetapi berhati-hatilah dengan paruhnya karena jika kita terkena gigitanya mungkin akan terasa sakit, apa lagi dengan Gigitan Jenis Kura-kura air Aligator Snapping Turtle dan Common Snapping turtle,untuk Cara memegangnya pun butuh teknik-tekniktertentu supaya tangan kita berada jauh pada jangkauan gigitanya. Dari Nama kedua jenis kura-kura tersebut mungkin sedikit Menakutkan, tetapi jangan salah, banyak Pet Lovers yang menyukai Keekstriman dan memelihara Jenis Kedua kura-kura Tersebut.
Di Alam bebasnya kura-kura Bertahan Hidup dari para pemangsanya dengan cara memasukan dirinya ke dalam tempurungnya, itulah salah satu kelebihan dari Hewan ini, alhasil pemangsa pemangsanya pun juga enggan untuk memangsanya, karena cangkangnya yang cukup keras.

Kura-kura terbagi menjadi beberapa Golongan Seperti; Kura-kura Air Full-Aquatic (Selama Hidupnya kura-kura ini berdiam diri dan mencari makan di dalam airmaupun di atas permukaan Air) Seperti Jenis Kura-kura Full Aquatic Aligator Snapping Turtle. Kura-kura Air Semi-Aquatic (Dalam hidupnya kura-kura yang termasuk ke katagori ini menggabungkan siklus hidupnya di Air Maupun Di Darat) Seperti Jenis Kura-kuraAmbon.kura-kura Darat/Kura-kura hutan/Kura-kura Gurun Pasir (Dalam Hidupnya kura-kura yang satu ini melangsungkan hidupnya di daratan) bukan berarti kura-kura yang satu ini tidak membutuhkan air, Sperti halnya kura-kura Darat hutan Asia yang satu ini Emysada juga Kura-kura darat yang bertahan selama hidupnya di atas panasnya Gurun Pasir Seperti Kura-Kura Gurun Sulcata,Radiata.

Kura-kura tergolong ke kategori hewan Reptile yang mempunyai umur yang cukup panjang, dan pertumbuhan yang sangat lama,  hewan ini termasuk golongan hewan pemakan segalanya/Omnivora dan ada juga yang Pemakan Tumbuhan/Herbivora. Seperti kura-kura Aldabradengan Umur Terpanjangnya sampai 255 Tahun, Maksimal Ukuranya rata-rata Sampai 1,2meter dan pemakan Tumbuhan/Herbivora.

Seperti Hewan yang lainya mempunyai Kelebihan dan kekuranganya, Kura-kura bukan pelari yang cepat (Kebanyakanya), ada Juga spesies kura-kura Air yang Handal berlari dalam Air Maupun Daratan Seperti Kura-kura Jenis Labi-labiDan ada pula yang memiliki Wajah yang super lucu seperti kura-kura Piput, Kepala yang super besar sperti Kura Platysternon Megachepalum, Tempurung yang super merona dan bergerigi Seperti kura Matahari, hidung yang pesek seperti kura Monbi, bahkan adapula kura-kura berleher seperti Ular Kura Chelodina Mccordi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini